Wisata Kota Bogor (1): Review Royal Hotel Bogor

by - Thursday, March 24, 2016

bentar lagi loong wiken lagiiii.... jadi inget masih utang posting jalan-jalan long wiken imlek februari kemarin. yayaya... pas liburan imlek kemaren kan cantik banget tuh harinya, dapet di jumat. karena sabtu kerja libur, jadi berasa panjang deh liburannya, jumat sabtu minggu! yang besok juga gitu lagi kan... tapi saya belum ada rencana kemana-mana selain menjamu adek yang mau bantu2 pasang AC di rumah. 

kembali ke cerita liburan imlek ya.. sebenernya jauh hari sebelum imlek tiba, saya dan cami (pak sumami ndundut) sudah bikin wacana pengen liburan ke Bandung. kami tahu sih, kalau ke Bandung pas long wiken itu harus bener2 well plan. tapi tetep aja sampai beberapa hari menjelang hari H kami masih yakin gak yakin mau kesana apa gak. bener2 generasi wacana. hahahha. gara-garanya kami belom pernah jalan2 seputaran kota bandung. teruus, aslinya kami pengen juga ngelayap sampai ke lembang dsb, apalagi setiap cari info wisata bandung, rekomendasi yang keluar banyakan ya seputar bandung bagian atas alias lembang. sementara yang area kota gak ketemu banyak. meski begitu, hampir tiap hari buka agoda buat pilih2 hotel. terus, rencananya kami mau pake bus aja, kalau dah sampai sana mau sewa motor biar gak macet2 amat. dan tahunya.... pas kami cekiceki persewaan motor, tarifnya sudah mahal gila. hasyem! 24 jam dihargai 150-200ribu. padahal kalau hari biasa ada lho yang cuma 70-ribuan. kan rencananya kami pengen nginep 3 hari 2 malam. ya bhaangkruutlah, mana hotelnya kami pengen yang ada kolam renangnya pula, harganya pasti juga lumayan. akhirnya H-1 malem, kami putuskan untuk melipir dan pindah rencana jadi ke bogor demi jalan2 santai tapi dompet tetap aman sentausa.

nah karena jadinya main ke bogor, kami gak ngoyo banget jalannya. berangkatnya aja jam 10-an, biar sampai sana langsung checkin hotel. toh emang gak ada niat wisata alam yang lokasi jauh dari kota bogor. saya sendiri cuma pengen menepi dari keramaian aja sambil puas2in wisata kuliner di sekitar jalan pajajaran bogor. sederhana ya? *anaknya gampang seneng* 

sampai bogor kami nginap di Hotel Royal Bogor, lokasinya di depan Istana Bogor. hotel bintang 3 ini terbilang cukup tua, bangunannya terlihat jadul, tapi lumayan bersih dan pelayanannya baik. saya pilih ini karena ratingnya cukup bagus dan harganya lumayan ramah dikantong untuk sekelas hotel yang punya fasilitas kolam renang. jadi ya pas banget dengan keinginan. berikut foto2nya...

tampak depan dan lobi hotel

  ini kamarnya, lumayan laah. cuma lantainya gak berkarpet dan pake keramik biasa. seinget saya sih hotel yang pernah saya datangi lantainya selalu parket atau berkarpet

toilet dan perlengkapannya, bersih dan lancar dipakai

secara umum saya cukup puas dengan hotel ini, tapi ada satu kendala teknis yang hampir bikin saya senewen kalau gak diinjek kakinya sama si cami. yaitu urusan pembayaran. ceritanya saya booking lewat agoda, begitu masukin id cc, langsung di direct ke booking.com. yang mana kalau gak salah inget, saya udah masukin kode 3 angka cc di agoda. dalam bayangan saya, artinya, pembayaran akan ditagihkan bulan depan dong. tahunya, sampai di hotel saya diminta bayar tunai. jadilah saya eyel2an sama pihak hotel. saya tunjukkin bukti booking dan bayar cc nya. tapi si hotel tetap ngotot kalau cc saya belum terekam disana. akhirnya setelah telepon agoda, barulah dijelaskan kalau agoda jadi semacam perantara booking.com. dan cc saya kemarin hanya dijadikan jaminan tanpa ada pencatatan tagihan. jih! baru tahu dong ya saya ada model begini, biasanya pake agoda aman2 aja. yasudah, jadinya saya bayar cash, tapi dengan perjanjian kalau sampai saya di debet bulan depan saya akan komplain. bener2 pelajaran banget nih, kalau belum dapet voucher agoda dan ada direct link yang bukan dari agoda (dalam hal ini booking.com), bisa jadi diminta bayar cash waktu checkin. untungnya kasus ini berakhir manis, alhamdulillah, karyawan hotel juga lumayan helpful dan sabar menanggapi saya yang hampir misuh2 *untung saya gak sampai maki2*.

oiya, selain kolam renang yang bebas pakai, saya juga dapat sarapan pagi. standar lah ya.... ada sih pilihan no breakfast, biar bisa kulineran dari pagi di bogor. tapi jadi gak praktis mesti keluar pagi2 nyari sarapan diluar.

nah, makanan di hotel ini saya bilang emm.. so so sih. enak gak enak, ya standar bintang 3 lah. udah gitu tampilannya kurang kece, alias bikin saya mbatin "yakin nih tempenya asli gorengan chef hotel?", pelayannya juga kelihatan masih magang gitu, kurang terlihat profesional. tapi kemakan juga sih wong udah dibayar. wkwkwkwk...


saladnya kurang lengkap buahnya 

pastry-nya enak lho ternyata



 tempe goreng mendoan dan opor ayam yang 'enggak banget'

 ini beberapa yang akhirnya saya dan cami makan. favorit saya selalu: omelet telur dan sosis goreng. si cami ndundut makan siomay


kami cuma semalem nginap di bogor, hari pertama dihabiskan dengan malam mingguan di Kedai Kita Jl Pajajaran. karena malam minggu waiting listnya lumayan bikin pegel. soon saya ceritain ya... hari kedua dihabiskan dengan main2 ke kebun raya dan berenang.... yeay!

ngomong2 soal kolam renang, just info, kalau kolam renang di hotel ini ukurannya kecil dan gak dalem. semacam kolam renang basa basi gitu, meski cantik dan bersih siih. yang bikin gak nyaman kalau pas rame orang. gak leluasa juga jadinya. apalagi campur sama anak2. nama pun hotel kelas menengah ya, harga juga main lah. hihii..

yang penting ada kolam renangnya, biar si mas gak ada alesan males olahraga. kalau ada arena gym-nya lebih seru lagi *ngarep*


You May Also Like

11 Comments

  1. Akhire update juga
    Sayang aku ga bisa ikutan, mas bin ga libur huhu
    Tapi hotele apik

    ReplyDelete
  2. Eh ternyata udu sing bareng neng villa y

    ReplyDelete
    Replies
    1. dudu.. sing ng villa antriane paling keri... hahahaa

      Delete
  3. Sayangnya liburan kali ini aku di rumah aja huhuhu... padahal pengen jalan2 an nginep di hotel... ehhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya liburan paling enak itu leyeh2 dirumah, berubah jadi beruang kutub yg hibernasi Lia, tapi kalau ada kesempatan jalan2 juga sama enak sih, asal gak rempong. hihii

      Delete
  4. Itu tempe mendonya tampangganya emang ngga banget ya Mak. Hihi. Pengalaman nih kalo booking di Agoda. Makasi reviewnya ya Maaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyaaa banget mba, klo orang jawa bilang "gak mitayani".
      aq pun males ngambilnya.

      di agoda so far sebenernya selalu oke, cuma yg kemarin dpt ujian aja. hohohoo

      Delete
  5. terakhir nginep di Bogor, aku nginep di Mirah jeung. sarapannya enak, trus deket sama kafe2 heits :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya see, aq juga baru tahu kalau hotel mirah itu sebelah2an sama kafe2 itu... tahu juga pas lagi makan trus perhatiin jalan. hahha.... next time berarti

      Delete
  6. wih, 3 bintang doang...qo kyny liat bintang 4 yah di plang depan. hhmm...

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)