Mudahnya BI Checking Mandiri

Friday, February 24, 2017



Hal yang paling bikin dag dig dug saat akan mengajukan kredit (rumah/mobil/dll) adalah rekam jejak kita dengan perbankan. Karena rekam jejak tsb akan mempengaruhi pengajuan kredit. Kalau jelek tentu saja bank/ pemberi kredit akan ragu untuk kasih pinjaman, bahkan separah-parahnya bisa ditolak. Sementara sebelum mengajukan kredit pasti kita sudah membayar DP yang jumlahnya tidak sedikit. Gak mau dong doku melayang gara-gara urusan perbankan bermasalah?

Makanya penting sekali untuk cek rekam jejak perbankan kita. Caranya dengan melakukan BI Checking. Yang mana sebenernya BI Checking biasanya sudah termasuk yang akan difasilitasi oleh developer/ fasilitator.  Hanya saja, biasanya kalau semua-semua diserahkan ke developer prosesnya akan lebih lama, karena mesti nunggu terkumpul banyak dulu baru jalan. Dan biasanya kita juga jadi gak sabar pengen segera tahu profil kita kira-kira aman atau gak untuk mengajukan kredit. Kalaupun ada yang gak beres, paling gak kita masih ada waktu untuk berbenah.

Nah waktu mau mengajukan kredit, saya juga melakukan BI Checking mandiri. Biar lebih mantap dan yakin akan perkiraan kredit yang akan saya dapat. Caranya ternyata gampil loh jengbrow. Gimana.. gimana?

Pertama mari kita masuk ke website BI halaman BI Checking: http://www.bi.go.id/en/moneter/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir/Formulir.aspx

Setelah terbuka akan muncul formulir online. Pilih yang untuk Individu ya... Kemudian isi deh formulirnya. Kalau sudah selesai, jangan lupa klik Send untuk mengirimkan permohonan waktu BI Checking.

Langkah selanjutnya adalah menunggu email balasan dari BI. Jika data jengbrow masuk dalam database BI, maka nanti jengbrow sekalian akan dikirimi email undangan kapan bisa datang ke BI untuk melakukan BI Checking. Pengalaman saya sih sampai beberapa hari baru dapat balasan (4-7 hari).

Kalau sudah dapat balasan, dirimu akan diminta datang ke BI pusat di Jakarta Pusat tepatnya di Gerai Info Bank Indonesia, Lobby Menara Sjafruddin Prawiranegara (Gedung B). Waktunya hari kerja, jam 08.30 s.d. 15:00 WIB (11:00 s.d. 13.00 ISTIRAHAT), Khusus hari Jum'at (10.30 s.d 13.00 ISTIRAHAT). Jadi kamu bisa pilih waktu sesuai kapan kamu bisa. Tapi tentunya setelah dapat balasan email ya.... karena waktu kesana harus membawa bukti printout email balasan tsb + KTP asli.

Agar longwiken makin panjang, saya sengaja ambil cuti di hari Jumat untuk datang ke BI. Saran saya datanglah pagi-pagi. Seperti berangkat kerja laah, biar sampai sana gak ngantri, dan lagi kan Jumat harinya pendek. Saya aja sampai sana masih jam 8 pagi dan belum banyak orang --> menurut teman yang sudah pernah kesana sih memang gak ngantri dan gak rame, hehe.

Untuk masuk ke lokasi kita harus registrasi ulang. Kemudian menunggu beberapa saat, kurang lebih 10 menit. Setelah matang lalu diangkat *ups garing* itu petugas akan memanggil kita untuk mengambil printout hasil BI Checking sambil dijelaskan isinya.

Bagian yang paling dinanti-nanti tentu saja bagian status history perbankan kita yang ada dibagian ke-2, diantaranya berisi (sumber: https://www.amalan.com/id/blog/cara-membaca-idi-historis) :
.
  • Pelapor, Sifat, No. Rekening, Update, di sini tertulis kode bank yang pernah memberikan kredit atau mengeluarkan kartu kredit kepada debitur beserta dengan nomor rekening debitur tsb.
  • Nilai: menunjukkan besar bunga kredit yang diberikan oleh bank.
  • Plafon: berisi jumlah uang yang dipinjam/harga barang yang dicicil, misalnya rumah/mobil/pinjaman ke bank.
  • Tunggakan: berisi besarnya tunggakan (pokok serta frekuensi tunggakan bunga).
  • Penggunaan, menunjukkan guna dari pinjaman yang dimiliki.
  • Status, menunjukkan kondisi dan penyebab kredit yang macet (bila ada).
  • Jangka, menunjukkan tanggal jatuh tempo pinjaman dan lama pinjaman.
Kemudian, di bawah kolom tersebut akan ada 24 kotak yang menunjukkan riwayat pembayaran utang kita selama 24 bulan terakhir. Pada kotak-kotak ini terdapat 2 kotak kecil. Angka 1 pada kotak menunjukkan kolektibilitas kredit/kelancaran pembayaran kredit selama 24 bulan terakhir yang dilampirkan dengan penilaian berupa skor yakni:

    1 berarti kredit lancar
    2 berarti kredit dalam perhatian khusus/DPK
    3 berarti kredit tidak lancar
    4 berarti kredit diragukan
    5 berarti kredit macet

Waspada jika skor kita ada di antara 3-5! Karena biasanya kita akan jadi lebih sulit untuk mengajukan pinjaman. Solusinya segera bayar hutang-hutang kredit kita sebelumnya.

Selanjutnya, angka 0 di dalam kotak kecil menunjukkan jumlah hari tunggakan pinjaman. Pada kolom ini akan terlihat jelas berapa lama kita menunda pembayaran pinjaman uang/kredit akan barang yang dimiliki. Jika yang tertera angka 0, berarti kita tidak pernah menunggak ke bank --> artinya aman untuk pengajuan kredit.


Nah bagian yang terakhir adalah sumber data, yang berisi bank/lembaga mana saja yang pernah memberi fasilitas kredit kepada kita.


Begitu deh kira-kira penjelasannya :)


\\

Referensi:  
> https://www.amalan.com/id
> http://contohhasilprintout.blogspot.co.id/



You Might Also Like

6 Comments

  1. ooalah harus ke Jakarta, tak kira bisa di tiap daerah

    ReplyDelete
  2. Ternyata rekam kita di bank udah diatur sama BI checking ya mb, jadi nggak bisa bohong karena bank punya catatannya. Riwayatku bagaimana ya? Hahaha insyaallah aman sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul sekali...
      kalau penggunaan kartu kredit lancar dan pembayaran kredit lainnya ke bank jg lancar insyaallah aman mba.

      Delete
  3. Jadi inget kerjaan saya dulu, BI Checkingin calon debitur. Apa perlu alasan tertentu supaya bisa BI Checking mandiri? Atau cuma iseng2 pengen tahu ga papa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di form online-nya ada pertanyaan untuk keperluan apa gitu Mba, pilihannya Individual Documentation, Credit Request Doc, dan others. Mungkin kalau untuk iseng2 pen tahu history perbankan kita pilih yang individual doc *cmiiw*

      Delete
  4. fotonya kayaknya kurang pas, paman gober terkenal ngak pakai bank. simpan uangnya sediri. :D

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe